BIJAKSANA dalam menyikapi Sebuah MASALAH

Dalam hidup ini msalah akan terus ada dan ada, entah kapan dan dimana kita tidak tau tidak ada seorangpun yg ingin punya masalah, namun tidak bisa kita hindari mau tidak mau masalah pasti akan tetap kita jumpai dalam hidup kita, mulai dari masalah peribadi dalam diri kita sendiri, masalah dengan orang lain bahkan terkadang masalah yang tidak ada kaitannya dengan diri kita namun menjadi beban dan tanggung jawab kita.

Tenanglah, masalah ada dan datang bukan untuk menjatuhkan, bukan pula untuk melemahkan dan menghancurkan, masalah tidak untuk ditakuti dan kemudian dihindari tapi yang perlu adalah menyikapi masalah yang sedang terjadi. Bukan seberapa besar MASALAH yang dihadapi tapi seberapa HEBAT menyikapinya, kemudian BAGAIMANA CARA MENYIKAPI SEBUAH MASALAH??

Hal pertama yang harus dilakukan adalah mengontrol hati dan fikiran dengan kata lain mengontrol emosi atau ego saat ada masalah, ingat! Masalah tidak akan pernah selsai dengan emosi malah justru akan semakin memperparah keadaan,  KETIKA ADA MASLAH yang paling utama dilakukan adalah MENGONTROL EMOSI.

HAL SLANJUTNYA yang perlu adalah Hati, jangan pernah berfikir sempit, anggaplah semua maslah itu enteng-enteng saja tidak ada masalah yang tidak bisa diselesaikan, semua masalah pasti dan pasti akan terselesaikan, namun akan terasa berat dan sulit jika menganggap masalah menjadi beban dalam hidup, maka akan sangat terasa berat bahkan sakit.

Kalau kita ibaratkan GARAM dan AIR, kalau segenggam garam dituangkan dalam segelas air maka air tersebut akan menjadi sangat asin  namun jika segenggam garam itu dituangkan kesebuah danau walupun di aduk-aduk air danau tersebut tidak akan terasa asin, NAH begitulah hidup ibarat garam itu adalah maslah dalam kehidupan, jelas lah jika masalah yg terjadi ditaruh dihati yg lapang difikiran yang jernih maka masalah yang ada tidak akan pernah terasa berat. So, jangan pernah berfikir bahwa masalah adalah beban hidup namun berfikirlah masalah adalah jalan untuk  mengevaluasi diri agar  menjadi peribadi yang lebih baik, lebih dewasa dan lebih mantap.





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Waktu Tidak Pernah Bisa Terulang, sayangi dia yang berjuang bersamamu

Seperti Terlukis Pelangi

Jika benar-benar mencintainya, jadikan hidupnya lebih indah dari semua impiannya